Jumat, 08 Februari 2008

~ Museum 'Gajah' Nasional ~

Selesai membatik di Museum Textil lanjut deh ke Museum Gajah. Aku udah kepikiran gajahnya berapa banyak, gajahnya segede apa, gajahnya ditaruh dimana? Yang aku tahu gajah itu gede. ??????....

Museum Gajah terletak di jalan Merdeka berhadapan dengan area Monas. Bangunan museum juga bangunan tua, bangunan Belanda juga kale ya.

Setelah turun dari mobil aku lihat-lihat sekeliling, pikir-pikir mana ya gajahnya? Pengunjung lumayan ramai, meskipun gak sampai berdesak-desakan, banyak anak-anak juga ada satu dua turis. Penasaran, tanya Mama ach.

"Ma, mana gajahnya?"
Eh, Mama malah tersenyum, terus gandeng aku mengajak ke halaman depan museum.
"Dinda mau tahu gajahnya?"
"Ya, iyalah Ma, pakai tanya segala." Aku sih cuma nggangguk, kata2 itu hanya ada dalam hatiku. Setelah sampai di bagian depan halaman Mama sambil nunjuk ke atas,"Ini dia Din gajahnya."
Emang gajah sih, tapi cuma patungnya doank. Cape deh....

Kemudian kita masuk ke dalam museum, sebelumnya membayar karcis masuk, harganya cuma Rp 250, dua ratus lima puluh rupiah begitu panjangnya. Muraah banget. Kebayang kan kata Mama ke mbak Aya sama Abang, biaya pemeliharaan barang-barang, biaya pegawai, dan lain-lain apa ya cukup dengan harga karcis segitu. Begitu murahnya aja banyak orang masih males ngunjungin museum ini.

Sehubungan dengan nama, nama museum ini sebenarnya MUSEUM NASIONAL. Disebut-sebut museum gajah karena ada gajah yang 'nangkring' di depan. Ooow gitu tho.... Kirain banyak gajah-gajah di museum ini.

Masuk ke ruangan-ruangan museum barang-barang dikelompokkan. Ada kelompok tembikar-tembikar,perhiasan khas daerah-daerah di Indonesia, penemuan-penemuan prasasti, keramik-keramik dan masih banyak lagi. Makanya biar teman-teman gak penasaran cepat-cepat ajak mama papa kalian ke tempat ini, sekalian ke Monas mampir sejenak ke Museum Gajah eh... Museum Nasional.

Tambah satu lagi pengetahuanku. Masih banyak yang belum aku tahu. Bertanya, berjalan, melihat, mendengar, membaca, itulah yang harus aku lakukan lagi.

1 komentar:

widodo mengatakan...

makasih Dinda sudah berkunjung ke Museum Nasional Indonesia (MNI)...Tahu gak kalau tahun ini "Tahun Kunjung Museum 2010" yg tujuanya untuk meningkatkan pengunjung dalam dan LN. ngajak temen2 yang lain ya biar tahu Museum Nasional (widodo.museum nasional)